Minggu, 01 Januari 2017

Ciri-Ciri Ilmuwan


Ciri yang menonjol pada ilmuwan terletak pada cara berpikir yang dianut serta dapat dilihat pula pada perilaku ilmuwan tersebut. Para ilmuwan memilih bidang keilmuan sebagai profesi, dengan demikian harus tunduk pada wibawa ilmu karena ilmu merupakan alat yang paling mampu untuk dimanfaatkan dalam mencari dan mengetahui kebenaran.



Seorang ilmuwan tidak cukup hanya dengan mempunyai daya kritis yang tinggi ataupun pragmatis, namun juga harus jujur, memiliki jiwa yang terbuka dan tekad besar dalam mencari atau menunjukkan kebenaran, netral, yang tidak kalah penting adalah penghayatan terhadap etika serta moral ilmu yang harus di junjung tinggi. Seorang ilmuwan dapat dilihat dari beberapa aspek:
1. Dari cara kerja; cara kerja untuk mengungkap segala sesuatu dengan metode sains yaitu mengamati, menjelaskan, merumuskan masalah, melakukan eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, membuat kesimpulan.
2.  Dari kemampuan menjelaskan hasil dan cara memperolehnya, misalnya jika seorang mengklaim telah melihat gajah, ia harus mempu menjelaskan ciriciri gajah, seperti memiliki taring, badannya besar, kupingnya lebar.
3. Dari sikap terhadap alam dan permasalahan yang dihadapi. Sikap yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan antara lain:
a.    Hasrat ingin tahu yang tinggi
b.    Tidak mudah putus asa
c.    Terbuka untuk dikritik dan diuji
d.   Menghargai dan menerima masukan
e.    Jujur
f.     Kritis
g.    Kreatif
h.    Sikap positif terhadap kegagalan
i.      Rendah hati
j.      Hanya menyimpulkan dengan data memadai

Sumber: Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: PT Penerbit IPB Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar